5.27.2009

PSEUDO-SYNTHETIC BASESTOCKS

Ada beberapa pelumas yang tersedia dipasaran yang begitu murni disebut sebagai synthetic. Mereka tidak terbuat dari synthetic basestocks tetapi persamaannya terlalu sedikit dengan petroleum basestocks.

Pelumas petroleum basestocks bisa diproses dengan proses refinery yang super ekstrim disebut sebagai hydrocracking. Oli yang diproses dengan proses ini dibeberapa brand tertentu ditulis sebagai “synthetic oil” yang memang legal diberi label seperti itu. Pelumas tersebut bukan synthetic sesungguhnya seperti pemahaman umum dan tidak sama seperti premium synthetic oil.

Hydrocacking merubah struktur molekul awal dari pelumas basestocks dengan memecahkan dan menggabungkan beberapa struktur molekul menjadi lebih stabil. Hasilnya adalah basestock yang lebih baik dari segi thermal dan dan tingkat oksidasi yang lebih rendah seiring peningkatan mempertahankan viskositas pada rentang temperature yang lebar dibanding dengan tipikal petroleum basestocks . Walaupun kontaminan masih ada, dan masih berbentuk petroleum basestock, kontaminasinya dalam batas minimal dan karakteristikperformance tinggi. Proses hydrocacking juga bisa membuat stok minyak mentah yang berbagai jenis menjadi kesatuan bentuk pelumas petroleum basestocks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar