5.27.2009

PETROLEUM BASESTOCK

Komponen oli Ada dua bagian yaitu BASE FLUIDS (BASESTOCK) dan ADDITIVE PACKAGE


BASESTOCKS


Ada 2 jenis yaitu petroleum dan synthetic.


PETROLEUM BASESTOCKS


Adalah hasil pemurnian dari minyak mentah dan sudah digunakan sebagai pelumas otomotif sejak awal pengembangan pelumas. Sedangkan synthetic basestocks adalah rekayasa kimia dari compound yang tidak mengandung kontaminan yang ewat proses pemurnian. Jenis ini baru digunakan dalam dunia otomotif mulai tahun 70-an


Perlu diketahui bahwa minyak mentah berasal dari banyak sumber dan mempunyai rentang kualitas yang lebar dan kandungan yang beraneka ragam, sehingga diperlukan usaha lebih dari perusahaan pelumas untuk memilih stok minyak mentah yang dapat digunakan sehingga mereka mengeluarkan biaya yang lebih juga untuk menjaga kualitasnya. Jadi harga yang mahal untuk beberapa merek tertentu memang karena kualitasnya memang lebih tinggi.


Jangan hanya melihat API starbust pada botol anda menyimpulkan bahwa kualitasnya pasti terjamin. Tapi tersebut hanya berarti bahwa oli dalam kemasan tersebut memenuhi spesifikasi minimum dalam kelayakan perlindungan mesin. Jadi tetap hati-hati memilih pelumas buat mesin kesayangan anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar